Saturday 14 September 2013

Yuk Kita BerJILBAB, ukhty!

Saudari-saudariku,

Berjilbab atau yang lagi trend saat ini disebut "berhijab" merupakan kewajiban kita, wanita sebagai seorang muslimah ketika sudah mencapai usia baligh. Gak percaya? Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surah Al Ahzab [33]  ayat 59, "Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tuibuh mereka.' Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Sungguh, Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." Subhanallah, Allah sayang sekali sama kita ya, ukhty. Tetapi nih, terkadang kita jumpai sahabat akhwat kita yang bilang begini, "ntar-ntaran aja deh berjilbabnya, mendingan jilbabin hati dulu. Percuma kalo pake jilbab, hatinya jahat." Ada juga yang bilang begini, "aduh, pake jilba tu gerah, tau!" Nauzubillah min zalik.

Saudari-saudariku,

Begini ya, jika kita jilbabin hati dulu tapi entar-entaran jilbab fisiknya, apakah kita harus nunggu sampai hati ini bersih suci? terus kalo hingga sakaratul maut datang, masih gak pake jilbab, gimana? apakah mau menanggung azab Allah di Akhirat nanti yang saaaangaaaaat pedih itu? Aduh, tentu tidak ya, ukhty! Tenang saja ukhty, jika kita mulai untuk berjilbab, Insya Allah Allah akan membimbing kita menjadi pribadi yang lebih baik.
Bagaimana kalo alasannya karena takut gerah? pepatah mengatakan, "Ala bisa karena biasa."  Jadi, kalo kita biasakan memakai jilbab di setiap kesempatan, misalnya kalo lagi sekolah, kuliah, pergi ke pasar, pergi ke rumah temen pake jilbab, Insya Allah lama kelamaan kita akan terbiasa dan merasa nyaman dengan jilbab yang kita pakai :).

Takut ketinggalan jaman alias kudet? jangan takut wahai ukhty! boleh browsing di internet, trend berjilbab sekarang malah update bageeeeettt lohh :). Mulai dari Style jilbab, cara pakai jilbabnya, semua nya up to date. malah banyak tutorial hijab segala di Youtube.

Tetapi ingat ukhty! kita harus jeli dan teliti dalam memilih jilbab yang akan dikenakan dan gaya berjilbab yang akan dipakai. Jilbab yang Syar'i atau sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an itu ialah jilbab yang diulurkan sampai menutup dada, tidak transparan. nih kebetulan saya ada gambar yang akan menjelaskan tentang jilbab yang syar'i.




saudari-saudariku,

selain jilbab yang harus dikenakan dan diperhatikan, pakaian yang melekat di tubuh kita juga harus diperhatikan. Pakaian seorang muslimah itu haruslah longgar yang berarti tidak ketat, tidak transparan,bukan tabarruj, tidak mecolok, tidak menyerupai pakaian orang-orang non muslim, tidak memakai minyak wangi, dan laki-laki dan yang sering kita sepelekan yaitu jangan lupa untuk memakai kaos kaki. Rasulullah saw. bersabda, "Wahai Asma' sesungguhnya perempuan itu jika telah baligh tidak pantas menampakkan tubuhnya kecuali ini dan ini, sambil menunjuk telapak tangan dan wajahnya." (HR Muslim).
Rasulullah saw. juga bersabda,  Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim)




Saudari-saudariku,

Yuk kita Ber JILBAB! Allah tidak akan menurunkan suatu perintah tanpa ada manfaatnya. Selain melindungi kita, Jilbab juga merupakan tanda ketaatan kita kepada Allah dan Rasulullah, Menjaga kemuliaan dan kesucian kita sebagai muslimah, wujud takwa dan iman, juga apresiasi rasa malu. Diawali dengan Niat karena Allah, dilanjutkan dengan ikhtiar, dan dipertahankan dengan istiqamah, kita akan dengan mudah  menuju Jannah Nya. Aminn. Ingat ukhty, sebaik-baik perhiasan dunia ialah wanita solehah. Tundukkan pandanganmu dari yang haram. Auratmu hanya untuk SUAMI mu. Semoga Allah mempertemukan kita di Jannah Nya yang kekal ya, ukhty. Amiiin :)


Semoga bermanfaaat bagi kalian semua, ukhty,




Salam Ukuwah,

Ami

            

No comments:

Post a Comment